1. Pengertian segmentasi pasar
Ssegmentasi pasar adalah merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar terdiri atas beberapa segmen yang berbeda. Pada dasarnya segmentasi pasar adalah merupakan falsafa pemasaran produk yang berorentasi kepa para konsumen atau para pembeli. Dengan menerapkan segmentasi pasar, berarti perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan pelayanannya terhadap para konsumen atau pembeli lebih jauh memuaskan. pada umumnya para pembeli itu berbeda2 satu sama lainnya, baik motifnya, prilakunya, maupun kebiasaan2 dalam melakukan pembelian produk.
Segmentasi pasar dapat juga diartikan sebagai tindakan membagi-bagi pasaran kecil menjadi sub-tatanan langganan yang jelas dalam pemasaran yang terpisah. Segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar yang sipatnya hetoroge dari suatu produk kedalam satuan2 pasar yang sipatnya homogen..
2. TUJUAN DAN MEMFAAT SEGMENTASI PASAR
a. Untuk mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang dan jasa
b. Untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang diharapkan
c. Untuk memudahkan dalam menganalisis pasar
d. Agar perusahaan dapat membedakan pasrnya
e. Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap konsumen
f. Agar tujuan pemasaran produk yang dibuat perusahaan jauh lebih efektif dan efesien.
MEMFAAT MENERAPKAN SEGMENTASI PASAR
1. Perusahaan akan berada didalam posisi yang lebih baik
2. Perusahaan akan menemukan dan membandingkan dalam kesempatan pasar
3. Perusahaan dapat mengelompokan budgednya dengan tepat
4. Perusahaan dapat menerapkan gagasan pemasaran secara lebih jelas
5. Perusahaan akan dapat mengatur produknya secara lebih baik
6. Perusahaan akan menciptakan daya tarik dibidang pemasaran.
.
Sabtu, 14 Februari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar